Rabu, 26 September 2012

Bahasa Indonesia, Kelas X, KD 2.2


RPP

Nama sekolah             : SMA Negeri
Kelas/semester           : X/1
Mata pelajaran           : Bahasa Indonesia
Alokasi waktu              : 2 X 45 menit

        I.            ASPEK
Ø  Berbicara

      II.            STANDAR KOMPETENSI:
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiataan perkenalan, berdiskusi dan bercerita

    III.            KOMPETENSI DASAR:
2.2. mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel dan buku)

   IV.            INDIKATOR
1.      Mencatat masalah dari berbagai sumber
2.      Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
3.      Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan  dan membahas maknanya

Afektif:
1.      Karakter :
Mengembangkan karakter yang terkait dengan kerja sama, tanggung  jawab, dan ketekunan

2.      Keterampilan Sosial:
Kemampuan mengemukakan pendapat, komunikatif dan bersahabat

     V.            TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu merumuskan dan mendiskusikan masalah yang ditemukan dari hasil membaca berita, artikel dan buku
2.      Siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan komuikatif dan cara yang menarik
3.      Siswa mampu mengidentifikasikan dan memahami arti kata-kata sulit dan kiasan yang terdapat pada teks bacaan.


   VI.            MATERI PEMBELAJARAN

A.      MENGIDENTIFIKASIKAN DAN MEMAHAMI ARTI KATA-KATA SULIT DAN KATA KIASAN PADA TEKS BACAAN
            Ungkapan merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bermakna kiasan. Makna tidak bisa di tentukan berdasarkan makna kata-kata yang menjadi unsur pembentukannya. Makna kata-kata terebut sudah lebur menjadi makna baru yang tunggal.
Contoh: kebakaran jenggot  bermakna panik, kebingungan.

B.      MENGIDENTIFIKASIKAN OPINI PENULIS DALAM ARTIKEL SURAT KABAR
Secara umum, artikel di surat kabar dapat dibedakan atas dua kelompok:
·         Artikel berupa berita, baik berita keras maupun berita lunak. Berita keras seringkali dijadikan kepala berita dan di tempatkan pada halaman pertama. Hal yang di tekankan dalam berita tersebut adalah segi aktualitas dan faktualitas
·         Artikel berita opini. Isinya berupa ulasan dan sorotan penulis atas suatu fakta. Hal yang di utamakan adalah kualitas gagasan atau pendapat penulis dalam menguraikan suatu masalah. Dalam berita opini, sebagian besar berupa pendapat penulis terhadap suatu hal.

C.      MERUMUSKAN MASALAH DARI ARTIKEL SURAT KABAR UNTUK DIJADIKAN BAHAN DISKUSI
            Jika sebuah artikel akan dijadikan bahan diskusi, kita harus merumuskan berbagai persoalan yang bersifat pokok, mendasar, umum dan penting.
            Agar diskusi berlangsung dengan lacar, kita harus memperhatikan bahan yang dijadikan diskusi. Beriukt ini faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan:
·         Persoalan tersebut harus menarik perhatian dang merangsang peserta untuk berfikir
·         Persoalan dekat dan bermanfaat bagi kehidupan
·         Persoalan disusun dalam rumusan kalimat yang jelas
·         Persoalan terjangkau oleh pikiran peserta diskusi


D.     BERDISKUSI KELOMPOK DENGAN TATA CARA YANG BENAR UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH
            Metode diskusi merupakan cara mengajar yang dalam pembahasan dan cara penyampaian materinya melalui suatu pertanyaan atau permasalahan yang harus diselesaikan berdasarkan pendapat atau keputusan secara bersama. Tujuan utama metode ini adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa, serta untuk membuat suatu keputusan (Killen, 1998).
Kegiatan diskusi dapat dilakukan dalam kelompok kecil (3-7 siswa).
            Proses diskusi dapat berlangsung jika:
·         Ada proses bertukar pikiran,
·         Ada dua orang  atau lebih yang mampu berpikir secara baik,
·         Ada aturan yang harus ditaati oleh peserta,
·         Ada ketua atau moderator yang mengarahkan proses diskusi,
·         Ada masalah yang akan dipecahkan,
·         Ada tujuan yang ingin dicapai.

E.      MEMPRESENTASIKAN HASIL DISKUSI KELOMPOK DENGAN KOMUNIKATIF DAN CARA YANG BAIK
            Salah satu tahapan penting dari proses diskusi kelompo adalah mengomunikasi hasil diskusi kepada phak lain, yaitu melalui presentasi. Dengan demikian, hasil pemikiran suatu kelompok dapat diketahui oleh pihak lain dan mereka juga diberi kesempatan untuk menanggapinya.
Presentasi akan berhasil dengan baik jika:
·         Disampaikan oleh juru bicara yang mampu berbicara secara jelas dan lancr, ekspresif serta percaya diri,
·         Materi presentasi disiapkan dengan baik. Butir-butir pokok dikuasai. Jika perlu, ditunjang dengan table atau grafik
·         Disampaikan secara sistematis
·         Menggunakan alat bantu audiovisual.

 VII.            MOTEODE  PEMBELAJARAN
·         Presentasi
·         Diskusi Kelompok
·          Inquari
·         Tanya Jawab
·         Penugasan
·         Demontrasi /Pemeragaan Model

VIII.            LANGKAH-LANGKAAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal:
Ø  Siswa membaca secara intensif artikel surat khabar  yang tersaji pada buku teks.
Ø  Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi bacaan.
Ø  Siswa menginventaris kata-kata sulit dan frase idiom dalam teks dan menjelaskannya.
Ø  Siswa mengidentifikasi masalah-masalah penting dalam teks dan merumuskannya dalam beberapa kalimat pertanyaan.

Kegiatan inti:
Ø  Siswa membaca secara intensif artikel surat kabar yang tersaji pada buku teks.
Ø  Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi bacaan.
Ø  Siswa menginventaris kata-kata sulit dan frase idiom dalam teks dan menjelaskannya.
Ø  Siswa mengidentifikasi masalah-masalah penting dalam teks dan merumuskannya dalam beberapa kalimat pertanyaan.
Ø  Siswa berdiskusi kelompok untuk memecahkan masalah-malasah penting yang telah teridentifikasi.
Ø  Siswa mempresentasikan hasil diskusi di  depan kelas

Kegiatan akhir:
Ø  Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Ø  Menegaskan pentingnya aspek keselamatan dalam setiap aktivitas dan menggunakan cara diskusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi
Ø  Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

    IX.            SUMBER/ALAT/BAHAN AJAR
Ø  Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto penerbit ESIS
Ø  Berita di koran tentang kecelakaan transportasi
Ø  Website internet

      X.            PENILAIAN
Penilaian Kognetif
·         Teknik Penilaian          : Tes tertulis
·         Bentuk Soal                 : Essey
·         Contoh  Instrumen      : Lembar Penilaian 1
Penilaian Perilaku berkarakter
·         Teknik Penilaian          : Non tes
·         Bentuk Penilaian         : Observasi
·         Contoh Instrumen       : Lembar Penilaian 2

Penilaian Keterampilan
·         Tenik Penilaian           : Tes
·         Bentuk Penilaian         : rubik penilaian
·         Contoh Instrumen       : Lembar Penilaian
Lembar penilaian 1
Penilaian kognitif

SOAL:
1.      Apakah manfaat sebuah diskusi?
2.      Bagaimanakah rumusan masalah yang baik untuk bahan diskusi?
3.      Apakah tugas seorang moderator?
4.      Apakah tugas seorang notulis?
5.      Sebutkan tata tertib diskusi?


Teknik penskoran:
No Soal
Bobot
Teknik Penskoran
Nilai Siswa
1
15%
NS x 15%

2
25%
NS x 25%

3
20%
NS x 20%

4
20%
NS x 20%

5
20%
NS x 20%









Lembar Penilaian 2
Pengembangan Karakter


No.

N a m a
A s p e k    P e n i l a i a n
JumlahSkor
Kerjasama
Tanggung jawab
Ketekunan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1














2














3














4














5





























Keterangan:
BT  :  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator). Diberi skor 1
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten). Diberi skor 2
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten) diberi skor 3
MK : Membudaya Karakter (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten) diberi skor 4





Lembar penilaian 3
Rubrik penilaian
ASPEK
RINCIAN

NILAI
Kurang (1)
Cukup (2)
Baik (3)
Sikap
Terlibat  secara aktif  dan penuh inisiatif



Prosedural dan kooperatif terhadap aturan main



Memperhatikan dan menghargai   pendapat orang lain



Bahasa
Runtut, terstruktur dengan baik



Komunikait   (mudah dipahami)



Efektif (singkat dan jelas)



Diksi variatif dan tepat konteks



Baku



Kualitas pendapat /
Gagasan
Pembicaraan   tidak menyimpang dari topik dan menyasar ke substansi persoalan



Gagasan    orisinal dan kreatif (tidak meniru)



Usulan  disertai alas an logis  / bukti pendukung



Konsisten atas pendapatnya sendiri



Menggunakan referensi/rujukan




Skor maksimal: 39
Penilaian =  x 100





1 komentar: