Kamis, 20 September 2012

rpp kelas x, KD 1.1


RPP

Nama sekolah             : SMA Negeri 6
Kelas/ Semester          : X/1
Mata pelajaran           : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit

        I.            ASPEK            
Ø  Mendengarkan

      II.            STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

    III.            KOMPETENSI DASAR
1.1. Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)

   IV.            INDIKATOR
Kognitif:
1.      Menjelaskan pengertian berita serta perbedaan berita dan non berita
2.      Memahami isi berita dengan menjawab pertanyaan.
3.      Memahami isi berita dengan mengidentifikasikan pokok-pokok berita.
4.      Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetuan atau ketidaksetujuan.
Afektif:
1.      Karakter :
Mengembangkan karakter yang terkait dengan kerja sama, tanggung  jawab, dan ketekunan

2.      Keterampilan Sosial:
Kemampuan mengemukakan pendapat dan kemampuan berkomunikasi


     V.            TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Siswa mampu mendengarkan menanggapi informasi siaran berita dari media elektronik.
2.      Siswa dapat memahami informasi siaran berita dari media elektronik.
3.      Siswa mampu menanggapi informasi siaran berita (menyetujui, menolak, dan menambahkan pendapat)
4.      Siswa  dapat menemukan unsur 5W + 1H

   VI.      MATERI PEMBELAJARAN

A.      PENGERTIAN BERITA
            Berita adalah Data yang diolah kedalam informasi dari kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
Perbedaan berita dan nonberita:
Berita
Nonberita ( Artikel )
1.      Berita menginformasikan suatu peristiwa atau kejadian aktual (misal, kecelakaan pesawat)
2.       Tidak ada analisis atas informasi yang disampaikan
3.      Dibuat oleh wartawan/ redaksi (pengelola media)
4.      Informasi yang disampaikan harus memenuhi konsep 5W+1H (what, why, who, where, when, how). “How” hanya menjelaskan proses kejadian.
1.   Artikel menginformasikan suatu hal yang bersifat factual
2.   Informasi yang disampaikan disertai dengan analisis
3.   Dibuat oleh ahli pada bidangnya (pemerhati masalah)
4.   Informasi yang disampaikan harus memenuhi konsep 2W+1H (what, why, how). “How” bukan hanya menjelaskan proses tetapi mengemukakan solusi utk permasalahan yang dibahas


B.      MEMAHAMI ISI BERITA

Gempa Terjadi Selasa Pagi di Halmahera Utara
            Ternate–RoL– Satkorlak Penanggulangan Bencana Alam (PBA) Provinsi Maluku Utara, sejauh ini belum nenerima laporan adanya korban atau kerusakan fisik akibat dua kali gempa tektonik yang mengguncang wilayah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Selasa pagi( 28/8).
            Sekretariat Satkorlak PBA Malut ketika dihubungi di Ternate, Selasa mengatakan, mereka sudah melakukan kontak dengan Pemkab Halut, termasuk sejumlah pemkab lainnya di Malut, tetapi belum dilaporkan adanya korban atau kerusakan fisik akibat gempa Selasa pagi.
            Namun demikian, Satkorlak PBA Malut terus melakukan pemantauan, karena tidak tertutup kemungkinan ada korban atau kerusakan fisik akibat gempa itu. Pihak BMG Ternate ketika dihubungi menjelaskan, gempa yang menguncang wilayah Halut Selasa pagi , pertama terjadi Pkl 05.22 WIT berkekuatan 5,2 SR pada koordinat 2,94 LU – 127,58 BT pada kedalaman 82 km dengan pusat di Laut Maluku, atau sekitar perairan Pulau Morotai, Halut.
            Sedangkan gempa kedua terjadi Pkl 06.00 WIT berkekuatan 4,9 SR pada koordinat 2,84 LU – 127,60 BT pada kedalaman 82 km dengan pusat gempa berada tidak jauh dengan lokasi gempa yang pertama yakni masih di perairan Pulkau Morotai, Halut.  “Kedua gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, karena kekuatannya kurang dari 6,0 SR dan kedalamannya lebih dari 30 km. Gempa berpotensi menimbulkan tsunami kalau kekuatannya di atas 6,0 SR dan kedalamannya kurang dari 30 km,” kata staf BMG Ternate, Wartati.
            Sementara itu sejumlah warga di Halut ketika dihubungi melalui telepon mengaku bahwa gempa yang terjadi Selasa pagi, getarannya sangat lemah sehingga tidak membuat mereka khawatir atau mengungsi ke daerah ketinggian, seperti saat terjadi gempa pada pertengahan Juli 2007. Kabupaten Halut pada pertengahan Juli 2007 diguncang gempa berkekuatan 6,3 SR yang mengakibatkan seorang warga setempat cedera akibat terkena reruntuhan rumah, serta lebih dari 40 rumah warga mengalami kerusakan berat dan ringan.

C.      MEMAHAMI ISI BERITA DENGAN MENGIDENTIFIKASI POKOK-POKOK BERITA

Berita yang baik harus dapat menjelaskan beberapa hal berikut ini:
1)       Dapat menjelaskan peristiwa atau kejadian apa yang terjadi
2)       Dapat  menjelaskan penyebab atau alasan peristiwa atau kejadian tersebut terjadi
3)       Dapat menjelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa tersebut
4)       Dapat menjelaskan tempat terjadinya peristiwa atau kejadian tersebut
5)       Dapat menjelaskan waktu atau saat terjadinya peristiwa atau kejadian tersebut
6)       Dapat menjelaskan bagaimana peristiwa atau kejadian tersebut terjadi

D.     MENANGGAPI ISI BERITA DENGAN MENYATAKAN PERSETUJUAN ATAU KETIDAKSETUJUAN
Berikut ini merupakan contoh tanggapan yang menyatakan persetujuan terhadap isi berita:
·         Pendapat:
“Modernisasi dan keterbukaan informasi diiringi dengan teknologi yang canggih, ternyata tidak serta-merta membawa keuntungan bagi semua makhluk hidup” (republika online edisi Jumat, 27 Maret 2009 ).

·         Tanggapan:
“Saya sangat setuju. Modernisasi dan keterbukaan informasi  tidak selalu berdampak positif. Penerapan modernisasi dan keterbukaan informasi tanpa disertai dengan tanggung jawab dan kesiapan mengatisipasi dampak buruknya akan menjadi sebuah mimpi buruk.  Alih-alih kita mendapat kebaikan, malah kehancuran yang akan kita peroleh. Misalnya, atas nama modernisasi dan keterbukaan informasi, aneka VCD, buku dan situs porno dengan mudah diakses masyarakat, bahkan anak-anak sekalipun. Jika ini dibiarkan, kita pun mesti bersiap diri menatap masa depan bangsa ini yang dipenuhi oleh generasi berotak mesum”


 VII.      METODE  PEMBELAJARAN
·         Penugasan
·         Diskusi
·         Tanya Jawab
·         Unjuk kerja
·         Ceramah

VIII.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal:
Ø  Mengkaitkan kembali pelajaran yang lalu dengan pembahasan sekarang
Ø  Menggali informasi kondisi awal siswa dikelas.
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Ø  Memotivasi siswa dengan mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti:
Ø  Meminta siswa untuk mendengarkan beberapa cuplikan berita dari rekaman yang disediakan guru tentang bencana alam ( Misal: peristiwa gempa di Halmahera)
Ø  Menumbuhkan keingintahuan siswa melalui Tanya jawab.
Ø  Membentuk kelompok untuk mengadakan debat
Ø  Memfasilitasi siswa untuk mengadakan debat sesuai dengan cuplikan berita yang telah di dengarnya
Ø  Setelah mendengar cuplikan berita. Guru meminta salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan tanggapan atau pendapatnya.
Ø  Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis  inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
Ø  Menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
Ø  Memberikan apresiasi terhadap keberhasilan belajar
Ø  Memberikan motivasi kepada siswa yang beum berpartisipasi
Kegiatan Akhir:
Ø  Menanyakan kembali kesulitan yang dihadapi siswa dalam pemahaman materi
Ø  Memberi penguatan materi atau merangkum materi bersama siswa
Ø  Memberi tugas sesuai dengan materi yang telah disampaikan
Ø  Memberitahukan pokok bahasan yang akan dipelajari selanjutnya

    IX.      SUMBER/ BAHAN/ ALAT BELAJAR
1)       Salinan berita
2)      Paduan Bahasa dan Sastra indonesia, karangan Aex Suryanto dan Agus Haryanta, penerbit Esis.


      X.      PENILAIAN
Penilaian Kognetif
·         Teknik Penilaian          : Tes tertulis
·         Bentuk Soal                 : Essey
·         Contoh  Instrumen      : Lembar Penilaian 1

Penilaian Perilaku berkarakter
·         Teknik Penilaian          : Non tes
·         Bentuk Penilaian         : Observasi
·         Contoh Instrumen       : Lembar Penilaian 2

Penilaian Keterampilan
·         Tenik Penilaian           : Tes
·         Bentuk Penilaian         : rubik penilaian berita
·         Contoh Instrumen       : Lembar Penilaian 3




Lembar penilaian 1
Penilaian kognitif
SOAL:
1.            Jelaskan hal apa saja yang harus kita perhatikan ketika kita mendengarkan berita !
2.            Bagaimana pendapat anda tentang bencana Lumpu Lapindo ?
3.            Beri tanggapan terhadap pernyataan dari Anggota Komisi VII yang membidangi masalah energi dari Fraksi PAN



Teknik penskoran

No Soal
Bobot
Teknik Penskoran
Nilai Siswa
1
30%
NS x 30%

2
35%
NS x 35%

3
35%
NS x 35%


Lembar Penilaian 2
Pengembangan Karakter


No.

N a m a
A s p e k    P e n i l a i a n
JumlahSkor
Kerjasama
Tanggung jawab
Ketekunan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1














2














3














4














5





























Keterangan:
BT  :  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator). Diberi skor 1
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten). Diberi skor 2
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten) diberi skor 3
MK : Membudaya Karakter (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten) diberi skor 4












Lembar penilaian 3
Rubik penilaian berita

Aspek
Deskriptor
Skor
Skor maksimum
Kelengkapan isi
·         Isi berita lengkap (terdapat 5 W 1 H)
·         Isi berita mendekati lengkap (ada atau lebih unsur berita)
·         Isi berita tidak lengkap (kurang dari 4 unsur berita)
2

1

0


2
Kesesuaian isi
·         Semua tulis sesuai dengan data
·         Sebagian kecil data tidak sesuai dengan tulisan
·         Sebagian besar data tidak sesuai dengan tulisan
·         Semua data tidak sesuai data dengan tulisan
3

2

1

0



3



Sistematika
·         Urut-urutan sesuai
·         Urut-urutan tidak sesuai
1
0
2
Penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Terdapat sedikit kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Sebagian besar penulisan ejaan Terdapat sedikit kesalahan dan tanda baca
·         Penggunaan ejaan dan tanda baca salah semua

3

2


1

0



3
·         Jumlah Skor Maksimum

10
Perolehan Skor
Nilai akhir = -----------------------    x   Skor ideal (100) = ….
Skor maksimum (10)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar