Jumat, 28 September 2012

Bahasa Indonesia, Kelas X, KD 3.1


RPP

Nama sekolah             : SMA Negeri
Kelas/semester           : X/1
Mata pelajaran           : Bahasa Indonesia
Alokasi waktu               : 4 X 45 Menit

        I.            ASPEK
Ø  Membaca

      II.            STANDAR KOMPETENSI:
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

    III.            KOMPETENSI DASAR:
3.1. Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit)

   IV.            INDIKATOR
Kognitif:
1.      Membaca teks nonsastra dengan kecepatan 250 kpm
  1. Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
  2. Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut

Afektif:
1.      Karakter :
Mengembangkan karakter yang terkait dengan kerja sama, tanggung  jawab, dan ketekunan

2.      Keterampilan Sosial:
Kemampuan mengemukakan pendapat dan kemampuan berkomunikasi


     V.            TUJUAN PEMBELAJARAN
·      Siswa mampu menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)




   VI.            MATERI PEMBELAJARAN
A.      PENGERTIAN TEKS NONSASTRA
Teks nonsastra adalah karangan ilmiah dan bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Hal ini berbeda dengan teks sastra yang bertujuan memberikan hiburan atau kepuasan batin. Teks nonsastra mengutamakan kelogisan dalam pengungkapannya. Contoh teks nonsastra, antara lain artikel, berita, dan karya ilmiah.
B.      TEKNIK DAN TUJUAN MEMBACA CEPAT
Membaca cepat atau skimming merupakan gaya membaca yang bertujuan memperoleh gambaran umum tentang sebuah tulisan. Gambaran tersebut dapat berupa intisari teks (ikhtisar), gaya bahasa teks, atau tujuan penulisan. To skim dapat diartikan ’terbang sekilas, menyapu halaman buku’. Saat membaca, kita tidak perlu bertumpu pada satu kata. Tidak perlu setiap kata yang tercetak kalian pahami. Yang paling penting adalah memahami ’konteks’ dari teks tersebut
Ø  Rumus menghitung KEM (Kecepatan Efekti Membaca)
Jumlah kata dalam teks
------------------------------- X ...% Pemahaman =..kpm (kata per menit)
Waktu baca per menit

C.      IDE POKOK PARAGRAF
Ide pokok paragraf adalah ide atau gagasan yang menjiwai suatu paragraf. Setiap paragraf harus memiliki satu ide pokok. Istilah lain dari ide pokok paragraf adalah gagasan utama.  Dalam paragraf, ide pokok terdapat dalam kalimat utama yang biasanya terdapat di awal atau di akhir paragraf.
Contoh ide pokok paragraf:
Masalah si miskin dan si kaya pernah menjadi perdebatan sengit di kalangan para sufi. Siapa yang lebih baik di antara keduanya? Si miskin yang sabar atau si kaya yang pandai bersyukur dan murah hati? Sebagian sufi, seperti Harits al-Muhasibi dan Imam al-Ghazali, memberikan keutamaan (afdhaliyah) kepada si miskin. Sedangkan sufi lain memberikan keutamaan justru kepada si kaya dengan merujuk kepada sahabat-sahabat Nabi saw, yang hartawan, tapi dermawan, semacam Utsman Ibn 'Affan dan Abdul Rahman Ibn 'Auf. Sementara Ibn Taimiyah, pembaharu pramodern yang sangat kritis terhadap tasawuf, mengemukakan pemikiran baru dalam masalah ini. Dalam buku bertajuk Al-Shufiyah wal-Fuqara, Ibn Taimiyah memberikan keutamaan bukan kepada si kaya atau si miskin, melainkan kepada orang yang lebih bertakwa di antara keduanya.”
D.     IKTISAR
Ikhtisar adalah bentuk ringkas dari sebuah teks. Ikhtisar berisi tentang informasi-informasi penting dari sebuah teks. Pembuatan ikhtisar dapat dilakukan dengan cara menggabungkan ide pokok dari setiap paragraf menjadi sebuah rangkaian kalimat. Ikhtisar merupakan bentuk penyingkatan suatu bacaan dengan memperhatikan unsur-unsur pokok yang membangun bacaan tersebut. Jadi, ketajaman dan kecermatan menemukan ide pokok merupakan syarat utama untuk menghasilkan ikhtisar yang baik dan berbobot.

 VII.            METODE PEMBELAJARAN
·         Inquiry
·         Tanya jawab
·         Diskusi

VIII.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal:
Ø  Guru  menyuruh  semua siswa membaca  dalam hati sebuah  teks bacaan nonsastra dalam buku cetak . Setelah satu menit, siswa diminta berhenti dan beberapa siswa diminta melaporkan sampai dimana teks yang sudah dibaca.
Ø  Guru menyimpulkan kecepatan membaca beberapa siswa dan menyampaikan bermacam kebiasaan membaca siswa berdasarkan hasil observasinya.
Ø  Guru menyampaikan sekilas tentang batasan dan teknik, dan fungsi  membaca cepat

Kegiatan inti:
Ø  Siswa membaca potongan-potongan paragraf dan mengidentifikasi ide pokoknya
Ø  Siswa membaca cepat teks ”Hasil Kampanye Sabuk Pengaman Jalan di Tempat” yang tersaji pada buku teks
Ø  Siswa menghitung sendiri kecepatan membacanya dengan rumus yang telah diajarkan
Ø  Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok paragraf berdasarkan petunjuk kata kunci setiap paragraf
Ø  Siswa melakukan evaluasi diri atas kemampuannya dalam membaca cepat dan menemukan penyebabnya
Ø  Siswa berlatih memperluas jangkauan mata baca dan  memusatkan  kosentrasi untuk meningkatkan keterampilannya dalam membaca cepat

Kegiatan akhir:
Ø  Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview dan mengukur sejaum mana siswa menguasai konsep-konsep penting   tentang seputar membaca cepat yang telah dipelajari
Ø  Guru mendorong siswa untuk terus berlatih membaca cepat untuk meningkatkan kompetensinya
Ø  Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran



    IX.            SUMBER/ALAT/BAHAN AJAR
Ø  Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS
Ø  Mediacetak
Ø  Website internet

      X.            PENILAIAN
Penilaian Kognetif
·         Teknik Penilaian          : Tes tertulis
·         Bentuk Soal                 : Essay
·         Contoh  Instrumen      : Lembar Penilaian 1

Penilaian Perilaku berkarakter
·         Teknik Penilaian          : Non tes
·         Bentuk Penilaian         : Observasi
·         Contoh Instrumen       : Lembar Penilaian 2

Penilaian Keterampilan
·         Tenik Penilaian           : Tes
·         Bentuk Penilaian         : rubik penilaian diri
·         Contoh Instrumen       : Lembar Penilaian 3


Lembar penilaian 1
Penilaian kognitif
SOAL:
1.      Kebiasan apa sajakah yang dapat menghambat kecepatan membaca?
2.      Bagaimanakah rumus menghitung kecepatan membaca?
3.      Bagaimanakah cara untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat?
4.      Bagaimanakah langkah-langkah membuat kesimpulan yang benar?
5.      Bagaimanakah menghitung luas jangkauan mata dalam membaca?



Teknik penskoran:
No Soal
Bobot
Teknik Penskoran
Nilai Siswa
1
20%
NS x 20%

2
20%
NS x 20%

3
20%
NS x 20%

4
20%
NS x 20%

5
20%
NS x 20%




Lembar penilaian 2
Pengembangan Karakter


No.

N a m a
A s p e k    P e n i l a i a n
JumlahSkor
Kerjasama
Tanggung jawab
Ketekunan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1














2














3














4














5





























Keterangan:
BT  :  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator). Diberi skor 1
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten). Diberi skor 2
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten) diberi skor 3
MK : Membudaya Karakter (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten) diberi skor 4
Lembar penilaian 3
Penilaian Diri
Pertanyaan
Jawaban
Ya
Tidak
1.      Apakah kamu bersuara saat membaca?
2.      Apakah bibirmu komat-kamit saat membaca?
3.      Apakah kepalamu bergerak ke kiri dan ke kanan mengikuti baris-baris yang dibaca?
4.      Apakah kamu benar-benar berkonsentrasi saat membaca?
5.      Apakah jari tanganmu menunjuk kata demi kata saat membaca?
6.      Apakah batin atau pikiranmu melafalkan atau mengeja kata-kata yang sedang dibaca pada saat membaca
7.      Apakah matamu bergerak ke kiri dan ke kanan mengikuti kata demi kata yang dibaca?
8.      Apakah kamu sering mengulang beberapa kata sebelumnya saat membaca?









1 komentar: